Dunia Informasi untuk anda

Seperti Ini Siklus Hidup Udang Vaname dan Manfaat untuk Kesehatan

Satu di antara komoditas perikanan di Indonesia yang sangat memiliki potensi untuk dikembangkan adalah udang. Contohnya yaitu udang Vaname yang memiliki nama ilmiah Litopenaeus Vannamei dan siklus hidup udang Vaname terdiri dari beberapa tahapan. Udang Vaname tak hanya populer di Indonesia namun juga di luar negeri.

Udang Vaname juga sangat baik untuk dikonsumsi dan memberi manfaat positif untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Bagaimana siklus hidup udang Vaname? Anda akan mengetahui jawabannya setelah ini.

Apa Itu Udang Vaname?

siklus hidup udang vaname
siklus hidup udang vaname

Udang Vaname adalah jenis udang yang asalnya dari daerah subtropis di pantai barat Amerika. Dari Teluk California Mexico utara hingga pantai barat Guatemala, Nicaragua, El Salvador, Costa Rica Amerika tengah sampai ke Peru Amerika Selatan. Udang Vaname termasuk varietas unggul yang dapat meningkatkan pendapatan, produksi serta tingkat kesejahteraan para petani ikan.

Udang ini secara morfologi mempunyai tubuh yang berbuku-buku dan memiliki aktivitas ganti kulit bagian luar secara periodik. Tubuhnya dibalut dengan kulit tipis keras berwarna putih kekuning-kuningan. Kakinya berwarna putih dan ukuran udang Vaname lebih kecil jika dibandingkan dengan udang windu, atau udang jerebug.

Habitat udang Vaname yaitu di perairan pantai, lautan dan estuari yang berlumpur hingga mencapai kedalaman 70 m. Bukan hanya bernilai ekonomis, udang Vaname memiliki kandungan kalsium, potasium, serta fosfor yang menjadi sumber vitamin A dan juga E, juga mengandung asam lemak omega 3. Tentunya ini sangat baik untuk kesehatan.

Siklus Hidup Udang Vaname

Adapun siklus hidup udang Vaname tak jauh-jauh dari proses pertumbuhan hewan ternak pada umumnya. Yaitu mulai dari telur menetas sampai tumbuh dewasa dan siap untuk dipanen. Begitulah inti siklus hidup udang Vaname juga.

Klasifikasi udang Vaname termasuk udang kaki putih dan spesiesnya adalah Katadromus. Jadi udang Vaname mempunyai kebiasaan yang unik, yakni pasa saat menjadi udang dewasa, mengalami proses pemijahan di laut. Lalu untuk udang muda akan mengalami migrasi ke pantai. Berikut ini adalah siklus hidup larva udang Vaname setelah telurnya menetas.

1. Nauplius

Siklus hidup udang Vaname setelah telurnya menetas ada di fase nauplius ini. Di tahap ini udah belum membutuhkan asupan makanan luar, karena masih mempunyai kuning telur yang digunakan sebagai cadangan makanan. Terdapat 3 pasang organ di tubuhnya yakni antena yang pertama, antena kedua dan mandibula.

2. Zoea

Selanjutnya adalah tahap Zoea dan di tahap ini masa transisinya memerlukan waktu yaitu sekitar 40 jam setelah menetas. Pertumbuhan larva lebih cepat sehingga juga semakin cepat bertambah besar. Pada proses budidaya udang Vaname, yang sudah memasuki fase ini berarti sangat membutuhkan makanan supaya proses tumbuhnya baik. Fitoplankton adalah makanan yang biasa dimakan.

3. Mysis

Apabila sudah selesai memasuki hari kelima dari saat menetas, larva udang Vaname akan masuk ke fase Mysis ini. Di fase inilah larva udang juga lebih tampak dewasa dan bentuknya semakin terlihat jelas. Namun di fase Mysis mereka masih aktif memakan Fitoplankton serta Zooplankton. Tetapi di akhir fase Mysis, udang akan lebih suka Zooplankton.

4. Post Larva

Pada hari kesembilan sejak menetas, terdapat perubahan bentuk yaitu dari fase Mysis ke post larva. Larva di fase ini sudah bisa dikatakan mirip udang yang dewasa dan daya tahan tubuhnya lebih tinggi, jadi tak mudah untuk mati. Di fase post larva juga, larva akan mempunyai sifat Planktonik. Sifat ini adalah sifat mencari jasad hidup untuk makanannya.

Baca Juga:  Analisa Usaha Budidaya Udang Vaname di Kolam Terpal dan Keunggulan Udang Vaname

Larva ini nantinya akan mulai dibesarkan di area tambak sampai bisa membentuk udang dewasa yang siap panen. Itulah siklus hidup udang Vaname setelah telurnya menetas. Membahas tentang sifat udang Vaname, berikut ini ada beberapa sifat dan juga tingkah laku dari udang Vaname yang perlu anda ketahui.

Sifat Udang Vaname

1. Eurythermal

Yang pertama adalah sifat Eurythermal yang merupakan sifat dimana udang mampu memiliki toleransi terhadap perbedaan suhu yang sangat luas di air. Suhu air ini memiliki kaitan erat dengan salinitas. Vaname bisa hidup di kisaran salinitas panjang. Agar terhindar dari stres, fluktuasi harian salinitas harus diperhatikan, jangan melebihi batas.

2. Nokturnal

Sifat ini pasti sudah tak asing lagi untuk didengar banyak orang. Pada sifat nokturnal, udang Vaname sangat aktif untuk mencari makanan di malam hari. Sedangkan siang harinya mereka akan beristirahat baik di dalam lumpur maupun menempel substrat tambak.

Jika anda pernah melihat udang Vaname aktif di siang hari, bisa menjadi indikator munculnya gangguan kualitas air. Seperti masalah oksigen, perbedaan suhu pada air yang mencolok, ada senyawa beracun, atau bisa jadi kurangnya pakan.

3. Kanibal

Perlu diketahui bahwa udang Vaname termasuk krustasea, yang mana semua krustasea ini umumnya kanibal. Ini artinya mereka suka memakan sesama. Sifat kanibalisme yang dimiliki udang Vaname ini sering kali membuat khawatir pembudidayanya.

Sifat ini akan sering terlihat pada saat terjadi proses pergantian kulit atau molting. Saat itu udang akan mulai mengeluarkan cairan yang di dalamnya terkandung asam amino, enzim serta senyawa organik. Baunya akan merangsang keinginan udang untuk makan, sehingga terjadilah kanibalisme terhadap sesama udang.

Kanibalisme ini juga dapat berpotensi jika dalam sebuah petak tambak atau kolam memiliki banyak sekali perbedaan ukuran udangnya. Yang memiliki ukuran lebih kecil akan sangat berpotensi besar untuk dimakan oleh udang besar.

Baca Juga:  Cara Mempercepat Pertumbuhan Udang Vaname

Bukan hanya itu, apabila udang ada di kondisi dimana saat itu mereka kekurangan asupan pangan, akan muncul sifat ini juga. Ketersediaan makanan di tambak harus selalu diperhatikan dengan baik dan benar. Dalam hal kuantitas maupun kualitas, keduanya harus lebih ditingkatkan.

Manfaat Mengonsumsi Udang Vaname untuk Kesehatan

Udang-udangan selalu menjadi pilihan terbaik untuk dimakan karena memang rasanya tak pernah mengecewakan. Selain nikmat untuk disantap, udang Vaname ini mempunyai manfaat yang begitu baik untuk kesehatan manusia. Apa saja? Ini dia manfaatnya.

1. Menurunkan Berat Badan

Tahukah anda bahwa mengonsumsi udang Vaname baik untuk diet? Karena udang ini memiliki protein yang sangat tinggi. Kandungan vitamin D serta zat besinya juga berpengaruh. Makanan yang tinggi protein selalu bagus untuk diet.

2. Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung juga bisa diminimalisir dengan udang Vaname. Kandungan Astaxanthin bagus untuk mencegah adanya inflamasi dan bagus untuk mencegah resiko penyakit kardiovaskuler.

3. Tingkatkan Fungsi Otak

Fungsi otak juga akan meningkat karena zat besi yang akan membantu pengikatan oksigen dalam darah. Ini akan membuat aliran darah menuju otak semakin lancar sehingga otak juha bekerja maksimal.

4. Mengurangi Resiko Osteoporosis

Udang juga mempunyai beragam mineral yang penting dan bagus untuk tulang. Terutama mengurangi resiko osteoporosis atau pengeroposan tulang. Kalsium dan fosfor adalah dalang di balik hal tersebut. Tak hanya itu, mengonsumsi udang Vaname bisa mencegah efek penuaan dini pada kulit. Misalnya karena pengaruh buruk dari sinar UV. Itulah penjelasan tentang udang Vaname, siklus hidup udang Vaname dan berbagai manfaat udang Vaname.